Resep Cara Membuat Bakso Daging Ayam yang Kenyal

Resep cara membuat bakso

Bakso Daging Ayam

Resep Cara Membuat Bakso Daging Ayam yang Kenyal – Anda termasuk salah satu pecinta bakso? Hmmm…jangan sampai ketinggalan resep yang satu ini. Biasanya bakso dibuat dari daging sapi yang dicampur dengan beberapa bahan dan bumbu lainnya. Tapi kali ini, saya mencoba membuat bakso daging ayam yang kenyal tanpa tambahan obat. Membuat bakso memang susah – susah gampang. Bakso yang bagus tentunya yang rasanya lezat, kenyal, mulus dan elastis. Gak gampang ya membuat bakso dengan syarat – syarat seperti tadi buat seorang newbie di dunia masak , seperti saya ini.

But don’t worry, setelah ubleg – ubleg berbagai macam resep akhirnya ketemu juga dengan resep anti gagalnya Mb Endang. Membuat bakso daging ayam yang kenyal tanpa tambahan obat. Kuncinya terletak saat nguleni adonan bakso, harus sedikit dibanting – banting supaya lebih elastis. Lakukan 11 – 12 kali saja. Supaya adonan tidak lengket di tangan jangan lupa masukan dulu tangan ke dalam air es.

BAKSO DAGING AYAM

Untuk ± 40 buah bakso

Bahan Bakso :

– 500 gram daging ayam, saya menggunakan bagian dada
– 125 ml air es
– 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 1/2 sendok teh baking soda
– 1 sendok makan kecap ikan
– 1 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
– 1/2 sendok makan gula pasir
– 2 sendok makan tepung maizena
– 1 1/4 sendok teh baking powder
– 1/2 sendok makan minyak goreng

Lainnya :

– Air es untuk merendam bakso

Bahan Kuah :

– 2 liter air kaldu dari air rebusan bakso plus tulang-tulang ayam
– 1 sendok teh merica bubuk
– 2 sendok teh kaldu bubuk 
– 5 siung bawang putih, haluskan
– 2 batang daun bawang
– 2 sendok makan kecap ikan
– 2 sendok teh garam
– bawang merah goreng sebagai taburan
– minyak untuk menumis

Cara Membuat :

1. Siapkan daging ayam. Potong – potong kubus dan masukan ke food processor. Proses hingga halus.
2. Jika daging telah halus, tambahkan 5 sendok air es ke dalam gilingan daging. Tambahkan air es sesendok demi sesendok. Terus proses hingga cincangan daging membentuk gumpalan. Matikan food processor. Tuangkan daging ke dalam mangkuk besar. ( Jika anda melakukan cara manual, maka gunakan daging ayam cincang. Tambahkan air es sesendok demi sesendok sambil daging diaduk dengan spatula hingga serat-serat daging terlepas dan terpisah. )
3. Siapkan mangkuk kecil, masukkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula, kaldu bubuk, baking powder, baking soda, merica, minyak goreng dan tepung maizena ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata.
4. Tuangkan larutan tepung ke permukaan adonan daging, aduk perlahan dan biarkan cairan terserap. Kemudian aduk hingga benar-benar merata.
5. Siapkan mangkuk berisi air es. Basahi tangan anda, ambil adonan kemudian bantingkan ke mangkuk, lakukan hal ini sekitar 10 kali atau hingga gumpalan adonan terlihat smooth, shiny dan elastis. Ketika disentuh terasa kenyal. Jika tangan anda lengket saat membanting adonan maka segera celupkan ke dalam air es. Fungsi banting-membanting ini adalah untuk memastikan serat daging terlepas dan tidak saling menggumpal serta untuk membuat adonan menjadi kompak
6. Tutup permukaan mangkuk dengan plastik, masukkan adonan ke dalam freezer selama 30 menit. Freezer ya bukan chiller (rak bawah).
7. Jika telah 30 menit, maka siapkan panci, isi air dan rebus hingga mendidih. Matikan kompor.
8. Keluarkan adonan dari freezer, ambil 1 sendok makan adonan dan dengan bantuan sendok lainnya bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan diameter 1 1/2 cm. Masukkan adonan yang telah berbentuk bulat ke air panas. Lakukan hingga semua adonan habis.
9. Adonan yang masuk ke air panas akan mengapung sendiri. Ketika panci telah terlihat penuh oleh adonan, hidupkan kembali kompor dan rebus menggunakan api kecil. Jaga jangan sampai air mendidih hingga bergolak, air hanya dididihkan hingga mengeluarkan letupan-letupan kecil saja bukan  benar-benar mendidih. Masak hingga semua bakso mengapung, aduk bakso dengan sendok pengaduk dan masak hingga matang.
10. Test kematangan dengan mengambil sebutir bakso dan belah, jika bagian tengahnya masih berwarna pink rebus kembali hingga matang.
11. Siapkan mangkuk berisi air dan es batu, tiriskan bakso dengan saringan kawat, sisihkan airnya untuk kuah. Masukkan bakso ke dalam air berisi es dan rendam hingga dingin. Bakso siap untuk diolah sesuai keperluan atau masukkan ke dalam wadah rapat dan bekukan di freezer. 

Membuat Kuah Bakso :

1. Siapkan wajan, beri 1 sendok makan minyak. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum dan matang. Angkat.
2. Siapkan panci berisi air rebusan bakso, tambahkan tulang belulang ayam (jika ada). Tambahkan tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk dan kaldu bubuk. Rebus hingga mendidih, masukkan bakso dan daun bawang. Masak hingga matang. Cicipi rasanya. Angkat.
3. Siapkan mangkuk, tuangkan bakso dan taburi dengan bawang goreng jika suka. Santap dengan saus sambal dan cabai rawit. Yummy!

bakso ayam bakso kenyal membuat bakso resep bakso

Related Post