Resep Cara Membuat Cake Kukus Tumis Ayam

Resep Cara Membuat Cake Kukus Tumis Ayam

Cake Kukus Tumis Ayam

Resep Cara Membuat Cake Kukus Tumis Ayam – Bosan dengan cake bercita rasa manis? Mungkin anda perlu mencoba cake kukus gurih asin resep Ny. Liem yang satu ini. Chicken Steam Cake ini rasanya asin gurih dan ditaburi dengan tumisan ayam cincang diatasnya. Membuatnya sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Cake kukus tumis ayam ini sebenarnya sudah lama saya incar ketika secara tidak sengaja melihatnya pada salah satu website, sayangnya si website tidak menyertakan resepnya. Ternyata, oh ternyata, ketika sedang membuka-buka buku masakan Ny. Liem, resep itu bercokol disana. Pucuk dicinta ulam pun tiba, akhirnya jadi juga saya membuat chicken steamed cake ini.

Cake Kukus Tumis Ayam

Bahan Cake:
– 75 gram mentega, cairkan
– 1/2 sendok teh baking powder
– 15 gram susu bubuk
– 140 gram tepung terigu protein sedang (saya pakai Segitiga Biru, Bogasari)
– 9 gram cake emulsifier (ovalet/TBM/SP)
– 1/2 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh kaldu bubuk
– 90 gram gula pasir
– 5 butir telur ayam

Bahan tumisan ayam untuk isi:
– 1 sendok makan minyak untuk menumis
– 1/4 sendok teh merica bubuk
– 1/2 sendok makan gula pasir
– 1/4 sendok teh kaldu bubuk
– 1/2 sendok makan saus tiram
– 1/2 sendok teh kecap asin
– 2 siung bawang putih, cincang halus
– 2 butir bawang merah, cincang halus
– 100 gram daging ayam cincang

Cara membuat:
1. Panaskan minyak di wajan, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum. Tambahkan ayam, kecap asin, saus tiram, kaldu bubuk, gula pasir, merica bubuk. Aduk-aduk hingga tumisan ayam matang dan mengering. Angkat dan sisihkan.

Membuat cake:
1.Siapkan loyang loaf ukuran 28 x 7 cm. Olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung hingga rata. Sisihkan.  
2. Ayak tepung terigu, baking powder, susu bubuk, sisihkan. 
3. Campur dan kocok telur, ovalet, garam, gula pasir dan royco hingga mengembang dan kental, pertama gunakan speed rendah untuk mencampur bahan kemudian naikkan kespeed tinggi. Jika telah berwarna pucat, kental dan mengembang kurangi kecepatan mixer menjadi yang paling rendah. 
4. Masukkan campuran  tepung terigu sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Matikan mixer, tuangkan mentega cair. Menggunakan spatula aduk bahan perlahan-lahan hingga mentega rata dengan bahan. Jangan mengaduk berlebihan. 
5. Taburi tumisan ayam pada dasar loyang, kemudian tuangkan adonan ke loyang dan ratakan permukaannya. 
6. Panaskan dandang dengan air agak banyak, hingga air mendidih. Masukkan loyang berisi adonan kemudian tutupi permukaan dandang dengan selembar kain bersih yang menyerap air. Tutup rapat dengan penutup dandang. Kukus cake dengan api sedang selama + 45 menit hingga cake matang. Jangan buka kukusan selama cake dimasak.
7. Keluarkan cake, biarkan sejenak + 5 menit di loyang kemudian balikkan cake ke piring dan dinginkan sebelum dipotong-potong.  Cake siap disajikan. Selamat mencoba.

cara membuat cake kukus tumis ayam lezat cara membuat cake kukus tumis ayam yang enak cara membuat cake kukus tumis ayam yang praktis

Related Post