Resep Cara Membuat Cheese Macaroni Schotel

Cara Membuat Cheese Macaroni Schotel

Cheese Macaroni Schotel

Resep Cara Membuat Cheese Macaroni Schotel – Bagi saya membuat cheese macaroni schotel bukanlah hal yang mudah. Cheese macaroni schotel yang enak menurut saya harus memiliki kriteria lembut, teksturnya agak basah, empuk dengan rasa susu dan keju yang kuat. Sempat beberapa kali saya mencoba membuat dengan resep browsing google sana sini tapi hasilnya bantat dan kurang yummy. Sampai akhirnya saya nemu resepnya Mbak Endang yang resepnya memang sangat cocok buat lidah saya dan keluarga. Nah, kali ini cheese macaroni schotel yang saya buat teksturnya agak basah dan moist. Schotel yang agak basah akan membuat schotel akan lebih lembut dan nendang rasanya. Untuk mendapatkan hasil seperti ini, jangan memanggang schotel terlalu lama. Memanggang terlalu lama juga akan membuat schotel menjadi keras sewaktu dingin. Kali ini saya puas dengan kreasi schotel homemade di dapur saya.

Yuk mari simak eksekusi cheese macaroni schotel ala saya ( dijamin yummy :v )

Cheese Macaroni Schotel

Untuk 2 loyang alumunium foil ukuran 20×20 cm

 

Bahan & bumbu tumisan daging:
– 1 sendok makan minyak untuk menumis
– 1/2 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 250 gram daging sapi cincang (bisa diganti dengan kornet)
– 4 siung bawang putih, cincang halus
– 1 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
Bahan & bumbu saus putih:
– 1 sendok makan gula pasir
– 1/4 sendok teh kaldu bubuk (optional)
– 1/2 sendok teh garam
– 100 gram keju mudah meleleh, parut kasar
– 100 gram keju cheddar parut kasar
– 100 gram cream cheese (optional)
– 600 ml susu cair
– 1/4 sendok teh pala bubuk
– 1/2 sendok teh cabai bubuk
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 3 sendok makan tepung terigu serba guna
– 2 sendok makan mentega/margarine
Bahan lainnya:
– 4 butir telur, kocok lepas
– 250 gram macaroni pipa keringTopping:
– 1 sendok makan mentega/margarine
– 50 gram breadcrumb (breadcrumb berbeda dengan tepung panir, breadcrumb lebih kasar dan teksturnya tidak sehalus panir, bisa dibeli di supermarket. Umumnya berwarna putih atau kekuningan. Salah satu merk terkenal adalah Panko yang umum digunakan untuk menggoreng udang a la masakan Jepang)
– 50 gram keju cheddar parut
Cara Membuat Cheese Macaroni Schotel :
1. Siapkan panci, masukkan air dan 1/2 sendok makan garam. Rebus hingga mendidih. Masukkan macaroni pipa kering, rebus hingga macaroni menjadi empuk tetapi tidak sampai lembek dan jangan over cooking. Angkat dan tiriskan. Tidak perlu membilas macaroni dengan air dingin. Sisihkan.
2. Siapkan mangkuk kecil, masukkan breadcrumb dan mentega/margarine, aduk rata dengan sendok hingga menjadi campuran yang menggumpal. Sisihkan.
3. Panaskan minyak di wajan, masukkan bawang bombay, tumis hingga bawang berubah menjadi transparan. Tambahkan bawang putih, tumis hingga layu. Masukkan daging sapi cincang, tumis dan masak hingga daging berubah warna dan matang. Tambahkan merica bubuk dan garam, aduk rata. Cicipi rasanya dan angkat. Biarkan hingga dingin.
4. Siapkan panci, masukkan mentega/margarine. Panaskan hingga meleleh. Menggunakan api kecil, tambahkan tepung terigu, aduk cepat dengan spatula. Aduk dan masak hingga adonan mendidih dan berwarna sedikit kecoklatan.
5. Masukkan merica, pala dan cabai bubuk, aduk rata. Tambahkan setengah porsi susu cair, aduk hingga rata.  Tuangkan sisa susu, aduk dan masak hingga susu mendidih.
6. Tambahkan cream cheese, aduk hingga cream cheese meleleh. Tambahkan keju cheddar parut dan keju mudah meleleh, aduk hingga keju meleleh dan adonan menjadi larutan yang kental. Masukkan garam, gula dan kaldu bubuk. Aduk rata dan angkat adonan dari kompor.
7. Siapkan mangkuk, masukkan rebusan macaroni, tumisan daging dan kocokan telur, aduk hingga rata.
Menata Schotel di Loyang :
1. Tuangkan adonan macaroni ke dalam loyang, saya menggunakan loyang alumunium foil dengan diameter sekitar 15 cm. Anda bisa menggunakan loyang apapun yang ada.
2. Tuangkan sekitar 2 atau 3 sendok sayur saus putih ke loyang berisi macaroni, aduk rata dengan sendok hingga tercampur baik. Kukus selama 20 menit hingga macaronimatang.
3. Anda juga bisa mencampurkan langsung semua macaroni dengan saus putih dan masukkan adonan ke dalam loyang-loyang yang telah disiapkan. Pastikan untuk menyisihkan sedikit saus putih untuk topping kala schotel akan dipanggang.
4. Olesi permukan schotel yang telah dikukus dengan sedikit saus putih, ratakan dengan punggung sendok atau kuas. Taburi permukaannya dengan parutan keju dan campuranbreadcrumb dan mentega. Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 170’C hingga permukaan schotel menjadi keemasan, sekitar 10 – 15 menit atau tergantung oven anda, karena beda oven bisa beda waktunya.
5. Note: Jangan over baked atau terlalu lama memanggang karena schotel akan menjadi kering dan tidak moist lagi.
6. Keluarkan dari oven. Saat masih panas, tekstur macaroni akan lembek dan basah, namun ketika telah mendingin maka teksturnya akan mengeras. Terlalu lama memanggang akan membuatnya sangat keras ketika telah dingin.
Santap schotel dengan saus sambal botolan. Yummy! 
Cheese Macaroni Schotel

Cheese Macaroni Schotel siap disantap yummy

 

cara membuat cheese macaroni schotel resep cheese macaroni schotel resep cheese macaroni schotel lezat resep cheese macaroni schotel yummy

Related Post