Resep Cara Membuat Donat Kentang

Resep Cara Membuat Donat Kentang

Donat kentang

Resep Cara Membuat Donat Kentang – Donat biasanya kita kenal dibuat dari tepung terigu. Tapi kini sudah banyak sekali inovasi bahan untuk kue yang satu ini. Kue yang sudah begitu populer di banyak negara dan dijual mulai dari pasar tradisional sampai ke bakery – bakery. Inovasi dalam bidang kuliner sangat pesat, seperti halnya donat ini. Donat dibuat dari berbagai macam bahan. Mulai dari ubi jalar, labu kuning dan kentang. Membuat donat sendiri, sering hasil setelah di goreng bagus dan mengembang sempurna, tapi setelah donat dingin akan terasa lebih keras. Untuk itu saya sedikit share tentang tips supaya hasil donat kentang berhasil dengan baik. Simak yuk Bund !!

Donat Kentang

Bahan :
– 200 gram Kentang
– 100 gram Gula Pasir
– 500 gram Tepung Terigu Protein Tinggi
– 50 gram Susu Bubuk
– 11 gram Ragi Instant
– 75 garm Mentega
– 1/2 sdt Garam
– 2 butir Telur, kocok lepas

Cara Membuat :
1. Kupas kentang, potong-potong dan kukus hingga empuk dan matang. Haluskan dengan menggunakan blender. Dinginkan.
2. Siapkan mangkuk besar, masukkan bahan kering (tepung terigu, gula pasir, ragi instan, susu bubuk), aduk hingga benar-benar rata. Masukkan kentang halus dan telur kocok, uleni adonan hingga rata dan agak kalis. Masukkan mentega dan garam. Uleni adonan hingga benar-benar kalis. Taburi tepung sedikit demi sedikit jika adonan dirasa terlalu basah.
3. Jika adonan telah kalis, ditandai dengan adonan kenyal, elastis, smooth dan mudah dibentuk sesuka kita tanpa lengket sama sekali. Bentuk adonan menjadi bola besar, lumuri permukaan wadah dengan minyak goreng, letakkan adonan dan tutup wadah dengan kain lap bersih. Istirahatkan adonan hingga adonan mengembang 2 kali lipat.
4. Kempiskan adonan, uleni sekali lagi + 5 menit, kemudian bagi adonan masing-masing dengan berat 50 gram. Bulatkan masing-masing adonan dengan menggelindingkannya pada kedua telapak tangan kita hingga permukaannya licin dan halus. Tata bulatan-bulatan adonan pada loyang yang telah ditaburi tepung, tutup dengan kain bersih dan istirahatkan kembali hingga mengembang 2 kali lipat.
5. Cetak adonan menggunakan cetakan donat, atau anda bisa menggunakan jari tangan anda untuk membuat lubang di tengah adonan.
6. Goreng adonan yang telah dicetak dengan minyak yang banyak, gunakan api kecil agar adonan mengembang dengan baik dan tidak cepat gosong. Matikan api jika minyak terlalu panas. Minyak yang terlalu panas akan membuat donat tidak mekar sempurna.
7. Tiriskan donat dan serap kelebihan minyak dengan tissue dapur. Taburi donat dengan gula halus jika suka. Enjoy!

Tips :
1. Pisahkan bahan kering dan bahan basah, kemudian campur bahan kering menjadi satu aduk hingga rata.
2. Masukkan garam dan mentega belakangan setelah ragi tercampur merata dengan bahan, karena jika ragi langsung bertemu dengan garam maka raginya akan mati dan donat gagal mengembang.
3. Haluskan kentang sehalus mungkin, saya menggunakan blender hingga menjadi bubur kentang yang smooth dan kental.
4. Adonan harus diulenin hingga benar-benar kalis sehingga mudah dibentuk dan permukaannya menjadi halus.
5. Sebelum donat dicetak, timbang masing-masing adonan dan gelindingkan masing-masing bagian adonan di permukaan tangan hingga menjadi bola adonan yang halus, kemudian diamkan adonan hingga mengembang. Adonan siap anda cetak.
6. Goreng donat menggunakan api kecil, jika minyak terlalu panas permukaan donat akan berbintik kasar, biasanya saya akan matikan api kompor untuk menurunkan suhu minyak.

 

resep cara membuat donat kentang empuk resep cara membuat donat kentang empuk dan enak resep cara membuat donat kentang terenak resep cara membuat donat tanpa kentang resep cara pembuatan donat kentang resep dan cara membuat donat dari kentang resep dan cara membuat donat kentang yang empuk

Related Post