Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Khas Makassar

Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Khas Makasar

Es Pisang Ijo Khas Makasar

Resep Cara Membuat Es Pisang Ijo Khas Makassar – Selain coto makassar ada kuliner khas Makassar lain yang sangat fenomenal, yaitu es pisang ijo. Di Jakarta, bahkan hampir di Indonesia, ada salah satu franchise yang menjual es pisang ijo ini. Memang kuliner yang satu ini tiada duanya, paduan pisang yang dibalut tepung disajikan bersama kuah manis ditambah dengan serutan es akan sangat lezat dan segar dinikmati di siang yang panas. Apalagi jika disajikan sebagai pembuka buka puasa. Memang banyak es pisang ijo ini di jual sepanjang jalan, tapi akan lebih baik jika Anda membuatnya di rumah. Kunci lezatnya es pisang ijo, terletak pada pemakaian pisang yang harus sudah matang dan jenis pisang yang manis tidak sepet. Saya biasa menggunakan pisang raja yang manis dan legit. Membuatnya tidak ribet, asal Anda mau mempraktekan di rumah. Berikut resepnya !!

Es Pisang Ijo

untuk 15 porsi

Bahan Pewarna Pisang Ijo :
– 500 ml air  
– 200 gram daun pandan, potong-potong

Bahan Pisang Ijo :
– 3 tetes pasta pandan
– 500 ml air pandan  
– 600 ml santan kental dari 1 butir kelapa
– 50 gram gula pasir
– 200 gram tepung terigu
– 200 gram tepung beras
– 15 buah pisang raja yang telah matang, kukus

Bahan Vla Santan :
– 1/2 sendok teh garam
– 100 gram gula pasir
– 500 ml santan kental
– 50 gram tepung beras

Pelengkap :
– susu kental manis
– sirup coco pandan atau sirup merah lainnya
– pecahan es batu secukupnya

Cara Membuat Es Pisang Ijo :
1. Siapkan daun pandan, potong-potong ukuran 2 cm dan cuci hingga bersih. Masukkan ke dalam blender, tambahkan air dan proses hingga halus. Saring sari pandan. Ambil 500 ml air daun pandan untuk mewarnai adonan pisang ijo.
2. Siapkan wadah, masukkan tepung beras, tepung terigu, santan dan air pandan, aduk rata hingga tidak licin dan tidak menggumpal. Jika ada gumpalan, saring adonan hingga halus. 
3. Masukkan gula pasir, dan pasta pandan , aduk rata. Tuangkan adonan ke loyang tahan panas. Kukus selama 20 menit hingga adonan matang. 
4. Angkat adonan dan uleni dengan sendok nasi hingga adonan menjadi licin dan kalis. 
5. Letakkan selembar plastic wrap di permukaan meja. Olesi permukaanya dengan minyak goreng, letakkan 3 sendok makan adonan kulit, tipiskan dan letakkan sebuah pisang di atasnya. Bungkus pisang dengan adonan kulit hingga pisang tertutup, bentuk adonan menyerupai bentuk pisang. 
6. Bagian membentuk ini agak susah dan membuat saya akhirnya menghasilkan pisang ijo berbentuk lontong.
7. Siapkan selembar daun pisang, letakkan adonan yang telah dibentuk di atasnya. Lipat daun pisang dan bungkus si pisang ijo. Tata di kukusan. Lakukan hingga semua adonan habis.
8. Kukus selama 15 menit. Keluarkan dari  kukusan dan biarkan hingga dingin.

Cara Membuat Vla Santan :
1. Siapkan panci, masukkan semua bahan vla santan, aduk hingga halus dan larut. Masukkan daun pandan. Jerang vla di atas kompor dengan api kecil, aduk-aduk selama dimasak hingga adonan menjadi kental dan muncul letupan tanda vla telah mendidih dan matang. 
2. Angkat dan dinginkan.

Penyajian :
Siapkan mangkuk, ambil sebuah pisang ijo. Potong-potong dengan ketebalan sesuai keinginan. Tata di pisang ijo di mangkuk, siram dengan vla santan. Tambahkan es batu dan kucuri dengan sirup vanila merah dan susu kental manis.

Jika pisang ijo tidak habis saat itu juga, simpan di chiller kulkas untuk disantap keesokan harinya. Pisang ijo masih tetap empuk dan lembut

 

 

cara membuat es pisang ijo khas makassar cara membuat es pisang ijo mudah cara membuat es pisang ijo sederhana cara membuat es pisang ijo spesial

Related Post