Resep Cara Membuat Gulai Terung

gulai terung

gulai terung

Resep Cara Membuat Gulai Terung -Uuntuk membuatnya sebaiknya gunakan terung yang masih muda sehingga belum terbentuk banyak biji. Kupas sebagian kulitnya dan potong-potong terung dengan ukuran besar, agar tidak mudah hancur saat dimasak.  Untuk jenisnya, anda bisa gunakan jenis terung apapun juga. Saya tambahkan bubuk bumbu kari instan ke dalam masakan agar rasa gulainya lebih mantap. Jika anda tidak memiliki bubuk kari ini, maka anda bisa menggantinya dengan racikan bumbu ala Ibu saya: 1/4 sendok teh jintan + 1/2 sendok teh merica butiran + 1 sendok teh ketumbar + 1 ruas kunyit. Saya rasa dengan racikan bumbu diatas rasa gulai terung yang anda buat akan mirip-mirip dengan jika anda menggunakan bumbu kari bubuk siap pakai. 

Berikut resepnya ya.

Bahan:
– 4 buah terung, kupas kulitnya berselang-seling, belah dua memanjang dan potong-potong sepanjang + 7 cm, iris masing-masing potongan seperti kipas.
– 300 ml santan setengah kental
– 3 lembar daun salam
– 4 lembar daun jeruk
– 2 ruas lengkuas
– 1 1/2 sendok makan bumbu kari siap pakai
– 2 sendok makan gula pasir
– 2 sendok teh garam
– 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)
– 2 sendok makan minyak untuk menumis
– 1 batang daun bawang, iris halus (optional)
Bumbu dihaluskan:
– 6 butir cabai merah keriting
– 5 butir cabai rawit merah
– 5 butir bawang merah
– 4 butir bawang putih
– 1 batang serai ambil bagian putihnya saja
– 2 ruas jahe
Cara Membuat :
1. Siapkan wajan, panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warna.  Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas. Masak hingga layu. Tambahkan terung, aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dan terung menjadi setengah layu.
2. Tambahkan garam, gula pasir, kaldu bubuk dan bubuk kari siap pakai. Aduk rata.
3. Masukkan santan, masak hingga santan mendidih dan terung matang. Aduk-aduk selama terung dimasak agar santan tidak pecah. Cicipi rasanya dan angkat.
4. Sajikan terung gulai dengan nasi putih. Mantap!

gulai terung resep terung

Related Post