Resep Cara Membuat Kastengel Renyah dan Gurih

 

cara membuat kastangel renyah dan gurih

cara membuat kastangel

Resep Cara Membuat Kastengel Renyah dan Gurih  – Walau Lebaran masih lama, tidak ada salahnya untuk berpraktek ria membuat kastangel dijauh-jauh hari. Alasannya saat Lebaran tiba, anda pun telah tahu resep manakah yang akan dieksekusi ketika big event itu tiba. Nah membuat kastangel ternyata sama sekali tidak sulit, saya menggunakan resep dasar nastar sebagi acuan yang kemudian saya modifikasi untuk menghasilkan kastangel yang cheesyringan dan garing. Karena kue ini dikenal dengan rasa keju yang kuat maka saran saya gunakan keju dengan kualitas yang baik, keju cheddar dengan aroma yang kuat dan keras teksturnya. Saya menggunakan keju Edam atau keju apel (karena berbentuk bulat dengan pembungkus merah seperti buah apel) yang biasa dijual di supermarket besar. Keju ini bentuknya bulat seperti bola besar dengan permukaan yang dilapisi dengan parafin (lilin) berwarna merah atau kuning. Umumnya supermarket menjualnya dalam bentuk potongan seberat 250 – 300 gram. Anda tentu saja bisa menggunakan keju cheddar lainnya namun usahakan gunakan keju tua dengan aroma yang kuat. Untuk keju edam, semakin tua atau semakin lama masa simpannya maka keju akan semakin keras dan kuat aromanya.

Mari langsung kita eksekusi saja. Selamat mencoba !!

Kantengel Renyah dan Gurih

Bahan:

– 250 tepung terigu serba guna/protein sedang, bisa menggunakan protein rendah
– 100 gram tepung maizena
– 2 sendok makan susu bubuk (optional)
– 2 sendok teh vanilla extract (optional)
– 300 gram keju cheddar parut dengan tekstur keras dan aroma yang kuat, sisihkan sekitar 4 sendok makan untuk hiasan kue (saya pakai keju Edam)
– 1 butir telur suhu ruang
– 2 butir kuning telur suhu ruang
– 300 gram margarine, saya pakai Baker’s mix campuran margarine-mentega (anda bisa menggunakan kombinasi 200 gram margarine dan 100 gram mentega)

Olesan:

– 1 butir kuning telur untuk mengoles + 1 sendok teh minyak goreng + 1 sendok teh air

Cara membuat:

 

1. Siapkan loyang untuk memanggang kue kering, alasi dasar loyang dengan kertas baking. Sisihkan. Panaskan oven, set disuhu 180’C.  
2. Siapkan bahan-bahan yang akan anda gunakan.  Lepaskan lapisan lilin pada keju Edam dan parut keju memanjang. Sisihkan sekitar 4 sendok makan keju untuk taburan. 
3. Ayak jadi satu tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk. Sisihkan. 
4. Siapkan mangkuk mikser, masukkan margarine dan mentega, kocok dengan speed rendah hingga tercampur baik menjadi adonan yang smooth dan warnanya pucat. Kemudian masukkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok.
Note: Pastikan kuning telur terkocok baik dengan adonan mentega sebelum anda memasukkan kuning telur berikutnya. Cara ini untuk mencegah mentega menjadi menggumpal dan bergerindil (curdle). Memasukkan telur sekaligus atau tidak memberikan kesempatan telur tercampur dengan baik dan terburu-buru memasukkantelur berikutnya akan membuat terlalu banyak cairan di dalam mentega secara sekaligus sehingga kocokan mentega/margarine menjadi menggumpal.
5. Naikkan kecepatan mikser menjadi sedang dan kocok hingga menjadi adonan menjadi berwarna agak putih, kembang dan lembut. Sekitar 10 menit dengan mikser tangan Phillips saya. Waktu akan lebih cepat jika anda menggunakan mikser heavy duty. 
6. Turunkan kecepatan mikser menjadi paling rendah, masukkan parutan keju, kocok hingga tercampur rata dan matikan mikser. Lepaskan alat pengocok, kita akan mencapurkan tepung dengan menggunakan spatula. 
7. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan mengggunakan spatula hingga tercampur dengan baik. Jangan berlebihan mengaduk karena akan membuat kue menjadi keras dan bantat. 
8. Jika adonan telah tercampur dengan baik, hentikan mengaduk.Letakkan selembar kertas baking di meja datar. Ambil sebagian adonan, letakkan di atas kertas baking, lipat kertas  sehingga sebagian menutupi permukaan adonan, tekan dengan telapak tangan agar agak pipih dan gilas dengan kayu penggilas hingga ketebalan 1 cm.  
9. Potong-potong memanjang dengan lebar 1 cm. Paling mudah memotongnya denganscrapper adonan yang tipis. Kemudian potong masing-masing adonan sepanjang 4 cm.Tata masing-masing potongan adonan ke loyang yang telah disiapkan. Tidak perlu memberi jarak yang terlalu berjauhan antar adonan kue, olesi permukaannya dengan kuning telur kocok dan taburi dengan keju parut. 
Note: Jangan khawatir dengan serpihan keju yang berjatuhan di sekitar kue, dengan menggunakan spatula atau ujung pisau tarik serpihan keju dan tempelkan ke kueterdekat. Cara ini membuat tidak ada remah keju yang terbuang dan kue menjadi lebih sedap.
10. Panggang kue selama 20 menit atau hingga permukaannya menjadi kuning keemasan dan bagian dasarnya terlihat agak kecoklatan. Makin lama dipanggang kue akan semakin kering dan renyah. Keluarkan dari oven dan dinginkan di rak kawat, simpan di dalam wadah tertutup rapat. Siap disajikan. Yummy & cheesy!

 

cara membuat kastengel cara membuat kastengel renyah cara membuat kastengel yang renyah dan gurih resep kastengel renyah resep kastengel yang enak

Related Post