Resep Cara Membuat Steak Daging Sapi Saus Lada Hitam

Resep Cara Membuat Steak Daging Sapi Saus Lada Hitam

Steak Daging Sapi Saus Lada Hitam

Resep Cara Membuat Steak Daging Sapi Saus Lada Hitam – Sudah bosan dengan masakan daging yang bersantan? Ahh sebaiknya nyoba masakan western yukk. Steak daging sapi yang di siram dengan saus lada hitam pastinya akan mengoda lidah. Yuk langsung eksekusi aja.

Steak Daging Sapi Saus Lada Hitam

Bahan :
– 2 potong daging sapi dengan ketebalan sekitar 1 cm, masing-masing seberat 225 gram
– 1/2 brokoli, ambil kuntumnya potong ukuran layak makan
– 1/2 batang wortel potong kotak panjang

Bumbu Perendam Steak :
– 1/4 buah nanas ukuran sedang (sekitar 100 – 150 gram), blender atau parut hingga halus
– 1/2 sendok teh lada hitam, tumbuk kasar
– 1/2 sendok teh garam
– 1 siung bawang putih dihaluskan
– 1 sendok makan kecap manis
– 1 sendok makan kecap Inggris
– 1 sendok makan kecap asin
– 1 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur

Bumbu Saus Lada Hitam :
– 200 ml air atau air kaldu (jika menggunakan air kaldu tidak perlu menggunakan bubuk kaldu instan)
– 1 sendok makan kecap manis
– 1 sendok makan saus tiram
– 2 siung bawang putih, cincang halus
– 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
– 1 sendok makan mentega/margarine untuk menumis
– 1 sendok teh maizena dikentalkan dengan 2 sendok makan air
– 2 sendok makan bumbu kuah sisa merendam daging
– 1 sendok teh gula pasir
– 1 sendok teh lada hitam, tumbuk kasar
– 1/4 sendok teh kaldu bubuk instan (optional) 

Pelengkap :
– sayuran rebus (silahkan dipilih: buncis, brokoli, kembang kol, wortel, jagung manis)
mashed potato, kentang goreng, kentang rebus.

Cara Membuat :
1. Siapkan daging sapi, saya menggunakan jenis top side. Masukkan daging ke dalam plastik transparan. Tuangkan nanas yang telah diparut atau diblender hingga halus. Kocok plastik hingga daging terlumuri dengan nanas dengan baik. Ikat erat plastik dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.
Note: jangan merendam daging dalam parutan nanas terlalu lama, karena enzym dalam nanas membantu daging menjadi terurai dan cepat empuk, terlalu lama akan membuat daging menjadi hancur.
2. Keluarkan daging dari dalam plastik, cuci daging hingga bersih. Siapkan mangkuk kecil, masukkan semua bahan perendam daging. Masukkan daging, balikkan hingga semua bagian terlumuri bumbu dengan baik, menggunakan ujung pisau atau garpu tusuk-tusuk permukaan daging agar bumbu meresap.
3. Tutup mangkuk dan biarkan daging dalam rendaman bumbu minimal 1 jam, maksimal 1 malam di chiller kulkas. Atau anda juga bisa menyimpannya di dalam freezer untuk masa simpan yang lebih panjang.
4. Keluarkan daging dari dalam kulkas, tiriskan dari bumbu perendam. Jangan buang bumbu sisa merendam daging, kita akan menggunakannya untuk saus.
5. Siapkan pan datar anti lengket, semakin tebal pan yang anda gunakan akan menghasilkan steak dengan matang yang baik karena panas yang stabil dan merata.
6. Tuangkan 1 sendok makan margarine atau minyak goreng, saya menggunakan minyak goreng namun margarine akan memberikan aroma dan rasa yang lebih sedap. Panaskan hingga pan benar-benar panas. Letakkan potongan steak, masak dengan api kecil hingga satu sisi terpanggang dan kecoklatan. Untuk mencegah bagian minyak di permukaan pan yang tidak tertutup steak terbakar dan gosong, geser-geser steak selama dipanggang hingga mengenai seluruh permukaan pan dengan penjepit besi atau spatula.
7. Cek bagian dasar steak sebelum anda balikkan, pastikan permukaan steak terlihat kecoklatan dan terbakar. Balikkan steak dan masak sisi sebelahnya hingga matang. Tidak membutuhkan waktu yang lama bagi steak untuk matang hingga bagian dalam, karena itu jangan memasaknya terlalu lama. Angkat steak dan letakkan di piring saji.

Membuat Saus Lada HItam :
1. Siapkan wajan bekas menggoreng steak, beri 1 sendok makan margarine. Tumis bawang bombay hingga layu, transparan dan berubah menjadi kecoklatan. Tambahkan bawang putih dan tumis hingga harum.
2. Tuangkan saus tiram, kecap manis, aduk dan masak dengan api kecil hingga tercium aroma harum dan saus matang. Tambahkan air kaldu (jika pakai, jika tidak gunakan air biasa), kaldu bubuk instan, merica hitam, dan gula pasir, masak hingga saus mendidih.
3. Masukkan kuah sisa merendam daging, aduk rata dan masak hingga mendidih, cicipi rasanya. Sesuaikan rasa asin atau manisnya dengan menambahkan gula dan garam. Masukkan larutan tepung maizena, masak sambil diaduk hingga kental. Angkat.

cara membuat steak daging dan saus cara membuat steak daging sapi saus lada hitam cara membuat steak daging yang empuk cara membuat steak daging yang enak Menu Idul Adha resep daging idul adha

Related Post